Minggu, 25 Maret 2018

Nama Bisnis Biblikal: Nama Perusahaan dan Produk Terinspirasi oleh Alkitab

artikel terkait dengan topik ini
Nama Bisnis Biblikal: Nama Perusahaan dan Produk Terinspirasi oleh Alkitab

Belum lama ini novelis Marilynne Robinson menerbitkan sebuah artikel di New York Times tentang referensi Alkitab dalam literatur, yang membuat saya berpikir tentang nama-nama perusahaan dan nama-nama produk yang diilhami Alkitab.

Anehnya, tidak banyak.

Robinson menunjukkan dalam artikelnya, "Alusi Alkitab dapat menunjukkan tingkat keseriusan atau signifikansi." Mereka memiliki gravitasi dan resonansi dan menunjukkan kerumitan pengalaman, katanya.

Saya percaya poin-poin ini dapat berlaku juga ketika sindiran Alkitab muncul dalam nama bisnis. Karena pendidikan yang tersebar luas dalam iman agama, nama-nama yang diilhami Alkitab sering kali memanfaatkan keakraban. Mereka memiliki potensi relevansi dan pengakuan jangka panjang lebih besar daripada referensi dari film, lagu, dan elemen lain dari budaya populer.

Jika Anda menjalankan bisnis sekuler, Anda mungkin ingin menghindari rasa religius. Namun, seperti yang akan Anda lihat pada sebagian besar contoh di bawah ini, referensi Alkitab tidak perlu dianggap sebagai sektarian atau taat.

Nama-nama yang diturunkan secara alkitabiah termasuk dalam kategori-kategori ini:

1. Karakter dari Alkitab. Sebagai contoh:

* Samsonite - Setelah Samson, orang kuat legendaris Perjanjian Lama.

* Lot's Istri Gourmet Sea Salt - Sebuah referensi untuk wanita yang menikah dengan keponakan Abraham, yang diperingatkan untuk tidak melihat ke belakang saat mereka melarikan diri dari api dan belerang dari Sodom dan Gomora. Dia melakukannya, dan berubah menjadi tiang garam.

* Koin Bezalel - Dalam Kitab Keluaran, Bezalel adalah seorang ahli ahli yang dipilih untuk membuat Tabut Perjanjian dan benda suci lainnya.

2. Kata, frasa atau konsep dari Alkitab, terutama dari Kitab Amsal, tetapi juga dari bagian lain dari Alkitab.

* Iron Men - Sebuah perusahaan konstruksi dua orang di Michigan bernama untuk Amsal 27:17, "Seperti besi menajamkan besi, jadi satu orang menajamkan yang lain."

* Apel Emas - Sebuah perusahaan perhiasan online yang secara eksplisit mencatat referensi ke Amsal 25:11, "Kata yang diucapkan dengan tepat adalah seperti apel emas, dalam pengaturan perak."

* Forbidden Fruit - Sebuah toko di Austin, Texas yang menjual (ahem) mainan dewasa, diberi nama setelah adegan di Taman Eden di mana Eve nakal membujuk Adam untuk makan buah dari Pohon Pengetahuan, yang Tuhan melarang mereka untuk mengkonsumsi.

* Mannatech - Perusahaan pemasaran multilevel yang menjual suplemen dan produk perawatan kulit, mengacu pada manna, zat yang jatuh dari langit setiap malam dan mendukung orang Israel ketika mereka mengembara di padang pasir selama 40 tahun.

3. Bab atau nomor ayat. Referensi Alkitab semacam ini mengejutkan saya, karena kebanyakan orang tidak dapat mengutip bab dan ayat dengan mengingat bagian-bagian Alkitab yang sudah dikenal. Namun, ketika dijelaskan, sindiran ini memiliki resonansi.

* Kebugaran 9:27 - Perusahaan pelatihan pribadi yang namanya menunjuk kepada I Korintus 9:27: "Saya memukuli tubuh saya dan menjadikannya budak saya sehingga setelah saya berkhotbah kepada orang lain, saya sendiri tidak akan didiskualifikasi untuk mendapatkan hadiah."

* Thirty-One - Perusahaan penjualan langsung yang menawarkan dompet, tas jinjing dan produk organisasi, yang misinya merayakan, mendorong, dan menghargai wanita sejajar dengan kebangkitan Wanita Kebenaran dalam Amsal 31.

Di Amerika Utara, referensi Alkitab - terutama yang berasal dari Perjanjian Lama - cenderung memiliki citarasa ekumenis dan tidak perlu mengidentifikasi Anda dengan agama tertentu. Namun, secara internasional itu mungkin kurang benar.

Ketika mendiskusikan nama perusahaan dengan seorang pria yang berniat mendirikan markas di Dubai dengan nama perusahaan dalam bahasa Inggris, saya bertanya kepadanya tentang menggunakan nama Solomon untuk membangkitkan kebijaksanaan. "Tidak, itu akan dianggap sebagai Yahudi. Islam memiliki sosok yang sama tetapi merujuk kepadanya sebagai Suleiman." Dan tentu saja, di India atau Indonesia Raja Salomo tidak mungkin membangkitkan asosiasi sama sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar